Download Film Hoax (2018) WEB-DL Full Movie

Film ini sebelumnya diberi judul Rumah dan Musim Hujan. Menceritakan tentang 3 bersaudara yaitu Ragil (Vino G. Bastian), Adek (Tara Basro) dan Raga (Tora Sudiro) yang berkumpul di rumah bapak mereka. Tetapi setelah mereka pulang, kejadian-kejadian yang dialami mereka mulai terungkap. Ragil yang memiliki rahasia besar yang ia tutupi, Adek yang mengalami kejadian mistis yang mengerikan hingga Raga yang bermasalah dengan kisah cintanya.


Download Film Hoax (2018) WEB-DL Full Movie


Sinopsis

Film dibuka dengan permainan di meja makan oleh satu keluarga Jawa. Salah satu (calon) anggota keluarga, Sukma (Aulia Sarah), kalah dalam satu putaran permainan itu. Dia pun dengan senang hati dihukum bernyanyi dengan suara jeleknya.
Sepanjang film banyak hal tidak dijelaskan secara eksplisit, hanya melalui tanda-tanda dan mimik ekspresi. Hampir semua pemeran, walaupun hanya sedikit orang,  berakting sangat baik, bahkan hingga si pemerkosa yang 'sakit'.
Saya mencari tahu bahwa versi film awal, Rumah dan Musim Hujan (2012), ternyata mempunyai susunan cerita beda genre yang dibagi menjadi 3 bagian saling terkait dan ditampilkan berurutan seperti film omnibus. Pada versi Hoax ini telah dirubah dengan plot cerita yang berpindah dari satu cerita ke cerita yang lain secara bergantian sekuensial sehingga semua cerita berakhir bersamaan yang terlihat dengan semua karakter bertemu di meja makan kembali.
Secara keseluruhan pada masing-masing bagian cerita terbangun mood yang sesuai dengan cerita. Bagian anak paling kecil, Ade, gadis sedikit nakal yang tinggal bersama ibunya, merasa dihantui pikirannya. Selesai buka bersama di rumah ayahnya, ia pulang sendiri naik sepeda walaupun masih hujan deras. Di tengah jalan ia bertemu seorang pria gila yang memerkosanya di tengah kebun pohon pisang. Kengerian pun berlanjut hingga ia sampai di rumahnya dan bertemu dengan ibunya sendiri.
Relasi pasangan Raga (Tora Sudiro) dan Sukma ditampilkan lucu nan romantis berubah menjadi serius ketika mantan pacar Raga datang dan mengusik kehidupan asmara mereka hingga Sukma pergi dari rumah.
Konflik batin melanda Ragil (Vino G Bastian), yang tinggal bersama ayahnya (Landung Simatupang). Ia mempunyai relasi dengan pasangan sesama jenis padahal Ragil yang diceritakan seorang penganut agama Islam yang sangat taat sedikit berbeda dengan ayahnya, yang seorang Islam Kejawen. Diceritakan pasangannya datang ke rumah diam-diam malam harinya untuk bermesraan tanpa sepengetahuan ayahnya.
Sinematografi dan efek suara ciamik memaksa kita masuk dan merasakan situasi berbeda-beda. Mulai dari jalanan becek, kebun pisang, rumah jawa yang mistis, rumah terang minimalis, dan tentu malam serta hujan sepanjang film.
Ada beberapa scene yang saya rasa sedikit janggal (atau kurang). Saya baru tahu ternyata lumayan banyak durasi yang dipotong dari film awalnya. Mungkin hal tersebut penyebabnya.
Ending film mengambil latar di meja makan rumah ayah seperti pada awal film dimulai. Ade, Ragil, dan Raga tetapi tanpa Sukma. Semua berkumpul seperti tidak terjadi apa-apa yang menjadikan film ini semakin misterius dan bergidik ngeri!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Film Hoax (2018) WEB-DL Full Movie"

Post a Comment